Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Optik


TUGAS KELOMPOK PROFESI KEGURUAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



OLEH
KELOMPOK VI:

JUMARDI
MISNAWATI
DINURRAHMAN
ST. ROSMAAWATI
SRI RAHAYU


JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas / Semester      : X (Sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran          : FISIKA
Alokasi waktu           : 4 x 45 menit


Standar Kompetensi
Ø  Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.

Kompetensi Dasar
Ø  Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.

Indikator
1)     Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop.
2)     Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
3)     Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teleskop.
4)     Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi.
5)     Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teleskop.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.     Kognitif
Siswa dapat:
a.    Menjelaskan pengertian cermin.
b.    Menjelaskan cara menentukan bayangan benda pada cermin datar.
c.       Menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar.
d.      Menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung.
e.       Membedakan karakteristik bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan cembung.
f.       Membedakan lensa cembung dan lensa cekung.
g.       Menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cembung.
h.      Menjelaskan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada lensa.
i.         Menentukan perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lensa.
j.         Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
k.       Menjelaskan pembentukan bayangan pada kaca pembesar (lup).
l.         Menjelaskan pembentukan bayangan pada mikroskop.
m.    Menjelaskan pembentukan bayangan pada teleskop.
n.      Menjelaskan pengertian lensa.
o.      Membedakan lensa cembung dan lensa cekung.
p.      Menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cembung.

2.     Afektif
Siswa dapat:
a)      Bekerja sama dengan baik
b)      Jujur dalam mengemukakan hasil percobaan

3.     Psikomotor
a)     Siswa dapat melihat benda dengan menggunakan Lup dengan mata berakomodasi maksimum
b)     Melihat benda dengan menggunakan mikroskop

B.     Materi Pembelajaran
Alat Optik

C.       Metode Pembelajaran

v  Model Direct Instruction (DI)
Langkah-langkah dalam menggunakan model direct intruction yaitu :
·            Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
·            Mendemostrasikan pengetahuan dan keterampilan
·            Membimbing pelatihan
·            Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·            Memberikan kesempatan untuk latihan lanjuta

v  Model  Cooperative Learning
Langkah-langkah dalam menggunakan model cooperative learning yaitu :
·         Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok
·         Guru memberikan materi kepada siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
·         Guru menetapkan kelompok siapa yang tampil pertama dan kelompok lain berperan sebagai pendengar
·         Guru menyarankan kepada pendengar untuk menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
·         Guru membantu/ mengingatkan/ menghafal ide-ide dengan menghubungkan materi sebelumnya atau materi lain.

Metode :  -  Diskusi kelompok
                               -  Ceramah
                                -  Demonstrasi







D.     Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

             1. Kegiatan Pendahuluan
 Motivasi dan Apersepsi:
Ø  Sebutkan sifat bayangan yang dibentuk cermin datar?
Ø  Bagaimana menentukan perbesaran linear pada cermin cekung?
Ø  Bagaimana cara menghitung perbesaran bayangan yang dihasilkan kaca pembesar (lup) ?

      Prasyarat pengetahuan:
Ø  Bagaimana menentukan bayangan benda pada cermin datar?
Ø  Apakah yang dimaksud dengan perbesaran linear?
Ø  Bagaimana prinsip kerja kaca pembesar (lup) ?

     2. Kegiatan Inti
Ø  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Ø  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung.
Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melukis bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian cermin.
Ø  Peserta didik memperhatikan cara menentukan bayangan benda pada cermin datar yang disampaikan oleh guru.
Ø  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat-sifat bayangan yang dibentuk cermin datar.
Ø  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jarak bayangan benda pada cermin datar yang disampaikan oleh guru.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan cahaya oleh cermin cekung.
Ø  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung.
Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melukis bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung.
Ø  Peserta didik memperhatikan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada cermin yang disampaikan oleh guru.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perbesaran linear.
Ø  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung yang disampaikan oleh guru.
Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai efek posisi benda pada sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan cahaya pada cermin cembung.
Ø  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat pemantulan sinar-sinar utama pada cermin cembung.

     3. Kegiatan Penutup
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
Ø  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

1.     Kegiatan Pendahuluan
v  Motivasi dan Apersepsi:
Ø  Bagaimana sifat bayangan yang dihasilkan oleh lensa cembung?
Ø  Bagaimana cara melukis bayangan yang dihasilkan oleh lensa cekung?

v  Prasyarat pengetahuan:
Ø  Bagaimana efek posisi benda terhadap bayangan yang dibentuk lensa cembung?
Ø  Sebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung.

2.      Kegiatan Inti
Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai efek posisi benda terhadap bayangan yang dibentuk lensa cembung.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembiasan cahaya pada lensa cekung.
Ø  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung.
Ø  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik bayangan yang dihasilkan lensa cembung dan lensa cekung.
Ø  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
Ø  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Ø  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran bayangan pada lensa cekung yang disampaikan oleh guru.
Ø  Guru memberikan beberapa soal menentukan perbesaran bayangan pada lensa cembung dan lensa cekung untuk dikerjakan oleh peserta didik.
Ø  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian daya lensa.
Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan antara kelengkungan dan jarak fokus lensa.
Ø  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jarak fokus dan daya lensa yang disampaikan oleh guru.

3.     Kegiatan Penutup
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
Ø  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E.      Sumber Belajar
1)     Buku Fisika SMA
2)     Buku referensi yang relevan
3)     Lingkungan

F.      Penilaian Hasil Belajar
1)     Teknik Penilaian:
Ø Tes tertulis

2)     Bentuk Instrumen:
Ø Tes PG
Ø Tes isian

3)     Contoh Instrumen:
Ø  Tes PG
1)     Benda optik yang panjang jari-jari kelengkungannya tak berhingga adalah
Jawab:
a.       Cermin cekung                         c.  Cermin datar
b.      Lensa cekung                            d.  Cermin cembung

2)     Seorang hanya dapat melihat jelas paling jauh 200 cm didepan matanya. Agar iya dapat melihat benda yang jauh dengan jelas maka ia harus memakai kacamata berkekuatan
Jawab:
a.        dioptri                                      c.    dioptri
                                          
b.      2 dioptri                                      d.  -2 dioptri

3)     Pada saat membaca jarak terdekat yang dapat dilihat seorang kakek rabun dekat adalah 40 cm. kekuatan kacamata yang diperlukan adalah
Jawab:
a.        dioptri                                        c.   dioptri
      
b.       dioptri                                       d.   dioptri

4)     Sebuah teropong diarahkan ke bintang menghasilkan perbesaran anguler 20 kali untuk mata akomodasi. Jika jarak fokos lensa okulernya adalah 4 cm, jarak titik api objektif teropong adalah
Jawab:
a.       50 cm                                                           c.  70 cm
b.      60 cm                                                           d.  80 cm
5)     Ada dua lensa cembung P dan Q yang kekuatannya berbeda, kekuatan lensa P lebih besar dari lensa Q. dalam rancangan membuat mikroskop menggunakan lensa P dan Q maka…..
Jawab:
a.       P sebagai objektif  Q sebagai okuler agar mata tidak lelah.
b.      P sebagai objektif  Q sebagai okuler agar perbesarannya maximum.
c.       P sebagai okuler  Q sebagai objektif agar mata tidak lelah
d.      P sebagai okuler  Q sebagai objektif agar pembesaran maximum.

Ø   Tes isian
1)     Apa yang dimaksud dengan cermin cembung ?
2)     Apakah yang dimaksud dengan cermin cekung ?
3)     Sebutkan prinsip-prinsip pemantulan dan pembiasan benda optik ?
4)     Apa perbedaan antara cermin cekung dan cermin cembung ?
5)     Siapakah ilmuan yang menyatakan bahwa cahaya adalah paket-paket kecil yang dinamakan kuantum ?
6)     Disebut apakah benda optik yang panjang jari-jari kelengkungannya tak berhingga ?

v  Kunci Jawaban
Ø  Tes PG
1.      D                         4. D
2.      C                          5. B
3.      B


v  Kunci Jawaban
Ø  Tes isian
1.      Cermin yang memiliki titik fokus dan titik pusat kelengkungan di belakang cermin dan bersifat menyebarkan sinar (divergen)
2.      Cermin yang memiliki titik pusat kelengkungan  di depan cermin dan bersifat mengumpulkan sinar (konvergen)
3.      Sinar-sinar istimewa pada cermin datar, cermin cembung, cermin cekung, lensa cekung, lensa cembung, dan prisma.
4.      Cermin cekung mengumpulkan sinar (konvergen),sedangkan cermin cembung bersifat menyebarkan sinar ( divergen)
5.      Max Karl Ernes Ludwing Planck
6.      Cermin cembung

Teknik penskoran
1.      Untuk tes pilihan ganda
                      Skor =


Ket :
Jb = banyak butir soal yang dijawab benar
Js = banyak butir soal yang dijawab salah
K = banyak option
N = banyaknya butir soal

2.      Untuk tes isian
Syarat penskoran:
·         Jika jawaban jelas, lengkap, sistematis, dan benar = 4
·         Jika jawaban jelas, lengkap, tidak sistematis dan benar = 3
·         Jika jawaban jelas, tidak lengkap, tidak sistematis dan benar = 2
·         Jika jawaban tidak jelas, tidak lengkap, tidak sistematis dan salah kemudian dijawab = 1
                        Penentuan skor :
Skor =   

3.      Tes uraian
Syarat penskoran :
1.      Menentukan skor maksimun untuik setiap butir soal
2.      Memberikan skor untuk setiap butir soal yang dikerja oleh siswa
 




 






        Mengetahui
         Kepala SMA                                                                       Guru Mata Pelajaran



        .........................                                                                        ..............................
        NIP.                                                                                     NIP.

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Pembentukan Bayangan pada cermin cembung

A.     Tujuan
Setelah melakukan aktivitas ini siswa dapat :
1.   Menentukan letak bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung.
2.   Menyebutkan sifat-sifat bayangan pada cermin cenbung.

B.     Alat dan Bahan
Alat :
1.      Meja optik,jika tidak ada meja biasa yang datar
2.      Rel presesi, yaitu rel yang dilengkapi dengan skala, jika tidak ada, gunakan skala dan dudukan cermin
3.      Cermin cembung dengan berbagai ukuran
4.      Layar
5.      Sumber cahaya,dapat berupa nyala lilin atau lampu yang diberi celah
6.      Pemegang lilin
Bahan:
1.      Lilin
2.      Korek api

C.      Langkah kerja
1.   Susunlah sumber cahaya (sebagai benda), layar, dan cermin seperti gambar.
 





                                

                      Set alat menentukan letak bayangan cermin cembung

2.      Letakkan nyala lilin di depan cermin.  Amati jarak nyala lilin ke cermin, tulis sebagai jarak benda (s).
3.      Geser-geser layar, sampai kamu memperoleh gambar bayangan nyala lilin pada layar lilin pada layar yang paling jelas. Apakah kamu dapat menemukan bayangan di layar? Jika tidak ada bayangan, tulis saja jarak bayangan (s·) tidak di ketahui.
4.      Ulangi langkah 1 sampai 3 untuk jarak benda yang berbeda-beda.



D.     Pertanyaan dan Tugas
1.   Apakah ada bayangan yang dapat ditangkap layar?
2.   Apakah ada bayangan yang dapat dilihat langsung di cermin cenbung? jika ya, berarti bayangan yang terjadi termasuk bayangan maya atau nyala?
3.   Isikan jarak benda dan jarak bayangan dalam tabel berikut;

NO
Jarak benda
(s)
Jarak bayangan
(s’)
Sifat bayangan
Lebih kecil/besar
Tegak/terbalik
Nyata/maya
1

2

3

4

5







E.     Kesimpulan          
            ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Mata pelajaran          : FISIKA
Kelas / semester      : X (Sepuluh) / Semester II
Alokasi waktu           : 2 x 45 menit


Standar Kompetensi
Ø  Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.

Kompetensi Dasar
Ø  Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.      Mengidentifikasi aplikasi berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
2.       Merancang dan membuat teleskop sederhana.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.     Kognitif
Siswa dapat:
a)     Menjelaskan kegunaan kamera dalam kehidupan sehari-hari.
b)     Menjelaskan kegunaan lup dalam kehidupan sehari-hari.
c)      Menjelaskan kegunaan mikroskop dalam kehidupan sehari-hari.
d)     Menjelaskan kegunaan teleskop dalam kehidupan sehari-hari.
e)     Membuat teleskop Galileo.

2.     Afektif
        Siswa dapat:
a)     Bekerja sama dengan baik
b)     Siswa harus jujur dalam mengemukakan hasil percobaan
c)      Menghargai pendapat teman

3.     Psikomotor
        Siswa dapat:
                                          1.      Melakukan percobaan untuk membuat teropong sederhana
                                          2.      Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat bayangan pada cermin cekung.

B.     Materi Pembelajaran
Ø  Alat Optik




C.      Metode Pembelajaran
Model Direct Instruction (DI)
Langkah-langkah dalam menggunakan model direct intruction yaitu :
·      Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
·      Mendemostrasikan pengetahuan dan keterampilan
·      Membimbing pelatihan
·      Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Memberikan kesempatan untuk latihan lanjuta

Model  Cooperative Learning
Langkah-langkah dalam menggunakan model cooperative learning yaitu :
·         Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok
·         Guru memberikan materi kepada siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
·         Guru menetapkan kelompok siapa yang tampil pertama dan kelompok lain berperan sebagai pendengar
·         Guru menyarankan kepada pendengar untuk menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
·         Guru membantu/ mengingatkan/ menghafal ide-ide dengan menghubungkan materi sebelumnya atau materi lain.

v  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Ceramah
                                     -  Eksperimen

D.     Langkah-langkah Kegiatan

      1. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
Ø   Apakah keuntungan menggunakan mikroskop dengan mata tak berokomodasi?
Ø  Apakah kegunaan teleskop dalam kehidupan sehari-hari?

Prasyarat pengetahuan:
Ø  Bagaimana prinsip kerja mikroskop?
Ø  Bagaimana prinsip kerja teleskop?

       2. Kegiatan Inti
Ø  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kegunaan berbagai alat optik (kamera, lup, mikroskop, dan teleskop) dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
Ø  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Ø  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kertas karton tebal, 1 buah lensa cembung, 1 buah lensa cekung, gunting, lem, dan gabus.
Ø  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuat teleskop Galileo.
Ø  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

          3. Kegiatan Penutup
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
Ø  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E.      Sumber Belajar
a)     Buku Fisika SMA
b)     Buku referensi yang relevan
c)      Alat dan bahan praktikum

F.      Penilaian Hasil Belajar
a)     Teknik Penilaian:
Ø  Tes unjuk kerja
Ø  Penugasan
b)     Bentuk Instrumen:
Ø  Tes isian
Ø  Tugas rumah
c)      Contoh Instrumen:
Ø  Tes isian
1)     Sebutkan fungsi dari Lup ?
2)     Apakah nama alat yang digunakan untuk mengamati benda yang sangat jauh ?
3)     Sebutkan empat macam teropong bias ?
4)     Apakah kegunaan dari teropong bumi ?
5)     Sebutkan fungsi dari mikroskop ?

Ø  Tugas rumah
1.      Membuat daftar alat-alat optik dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Buatlah artikel mengenai fungsi bagian-bagian alat optik (Teropong, mikroskop, dan teleskop).
Kunci jawaban Tes Isian
1.      Untuk memperbesar bayangan objek sehingga mudah di lihat
2.      Teropong
3.      Teropong bintang, teropong bumi, teropong prisma, dan teropong panggung.
4.      Untuk mengamati kapal ditengah laut yang luas atau mengamati benda di atas perbukitan.
5.      Untuk mengamati benda-benda renik, seperti bakteri.


Teknik penskoran
1.      Untuk tes pilihan ganda
Skor =
Ket :
Jb = banyak butir soal yang dijawab benar
Js = banyak butir soal yang dijawab salah
K = banyak option
N = banyaknya butir soal

2.      Untuk tes isian
Syarat penskoran:
-          Jika jawaban jelas, lengkap, sistematis, dan benare = 4
-          Jika jawaban jelas, lengkap, tidak sistematis dan benar = 3
-          Jika jawaban jelas, tidak lengkap, tidak sistematis dan benar = 2
-          Jika jawaban tidak jelas, tidak lengkap, tidak sistematis dan salah kemudian dijawab = 1
Penentuan skor :
            Skor =   
3.      Tes uraian
Syarat penskoran :
                                               i.      Menentukan skor maksimun untuik setiap butir soal
                                             ii.      Memberikan skor untuk setiap butir soal yang dikerja oleh siswa





 




Mengetahui
Kepala SMA                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                    ..............................
NIP.                                                                                        NIP.





























                                      Lembar kerja siswa (LKS)

Pembentukan bayangan pada cermin cekung

1.      Tujuan
-          Menentukan jarak titik fokus cermin cekung
-          Menentukan letak bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung
-          Menyebutkan sifat-sifat bayangan pada cermin cekung
           
2.      Alat dan bahan
                 Alat:
-       Meja optik
-       Rel presesi
-       Cermin cekung
-       Layar/ kertas
-       Pemegang lilin
               Bahan:
-       Lilin dan korek api

3.      Cara kerja
                  Menentukan bayangan benda
a.       Susunlah sumber cahaya (sumber benda), layar, dan cermin, seperti pada gambar di bawah.
 







b.      Letakkan nyala lilin pada ruang III (dibelakang P) dengan panjang PV= 2f. jarak titik fokus (f) adalah jarak titik fokus yang telah diperoleh pada percobaan 1 di atas. Amati jarak nyala lilin ke cermin, tulis sebagai jarak benda (s).
c.       Geser-geserlah layar, sampai kamu memperoleh gambar bayangan nyala lilin pada layar yang paling jelas. Amati jarak layar ke cermin, tulis sebagai jarak bayangan (s’).
d.      Ulangi langkah a sampai c untuk jarak benda yang berbeda-beda.
e.       Ulangi langkah d dengan nyala lilin di antara P-F (Ruang II).
f.        Ulangi langkah d dengan nyala lilin di antara F-V (Ruang I). Jika ternyata tidak kamu temukan, coba kamu melihat langsung bayangan nyala lilin di cermin. Apakah ada?
g.       Ulangi langkah d dengan nyala lilin tepat di titik F.






4.      Pertanyaan dan tugas

Ruang Benda
No
Ruang
Bayangan

Sifat Bayangan


Lebih
besar/ kecil

Tegak/ terbalik

Nyata/ maya



III

1.
2.
3.
Dst.





II

1.
2.
3.
dst.





I

1.
2.
3.
Dst.





Titik F

1.
2.
3.
Dst.





Pertanyaan
a.       Mengapa saat benda diruang I kamu tidak melihat ada bayangan yang  ditangkap layar padahal terlihat dicermin?
b.      Apakah terbentuk bayangan pada cermin saat benda diletakkan di titik fokus (F)? Mengapa?
c.       Buatlah kesimpulan dari percobaan yang kamu lakukan.

Posting Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Optik"