Pengimbasan Ke-2 : Penerimaan Sosialisasi Fitur Rumah Belajar di SD Inpres Sulobaja via Luar Jaringan (Luring)

 Senin, 8 November 2021

 

Senin, 8 Oktober 2021 adalah hari pertama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mamuju Tengah. Hari ini para siswa dan guru sangat antusias untuk berangkat menuju sekolah. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti memakai masker, mengecek suhu tubuh di gerbang sekolah, dan mencuci tangan. Seperti itulah gambaran yang terlihat di SD Inpres Sulobaja pagi itu.

Saya menghadap ke Bapak Ramli, S.Pd. selaku Kepala Sekolah untuk menyerahkan surat izin Sosialisasi Fitur Rumah Belajar kepada Bapak/Ibu Guru di SD Inpres Sulobaja. Beliau menerima surat yang saya serahkan dan mengizinkan saya untuk melakasanankan sosialisasi di SD yang Beliau pimpin.

Setelah Bapak Ramli mengintruksikan kepada Bapak/Ibu Guru bahawa akan ada sosialisasi Fitur Rumah Belajar, Bapak dan Ibu Guru pun berkumpul di kantor untuk siap mengikuti sosialisasi dari saya.

Sosialisasi pun saya lakukan. Dengan pemaparan singkat dari Bapak Ramli, serta beliau  membuka langsung oleh Beliau. Setelah dibuka, saya pun memulai memaparkan materi dengan disaksikan oleh Bapak Ramli dan Bapak/Ibu Guru. Mereka meyimak setiap materi yang saya paparkan, sembari mengangguk terkait materi yang mereka anggap bahwa “oh iya, seperti itu” atau “iya ya, memang benar”.

Setelah memaparkan materi, saya menyilahkan Bapak Ramli dan Bapak/Ibu Guru SD Inpres Sulobaja untuk bertanya jika ada yang mengganjal di hati dan pikirannya terkait materi yang saya paparkan. Awalnya tidak ada yang bertanya. Setelah beberapa menit, Bapak Ramli memfollow up materi yang saya paparkan kepada Bapak/Ibu Gurunya. Bahwa sangat penting bagi Bapak/Ibu Guru untuk memanfaatkan fitur yang ada di portal Rumah Belajar dalam pembelajarannya di kelas. Karena jika selama ini pembelajaran hanya bersifat audio saja. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar, maka siswa pun belajar tidak hanya bersifat audio saja. Akan tetapi berifat visual juga. Sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

Karena produk ini masih terdengar awam oleh Bapak/Ibu Guru di SD Inpres Sulobaja, pertanyaan pun tidak terucap dari mereka. Mereka hanya berharap untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar. Dan mereka juga sangat menerima kegiatan sosialisasi ini.

Di akhir kegiatan, saya menyampaikan sepatah kata dengan mengajak Bapak/Ibu Guru semua untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar. Kemudain Bapak Ramli  menutup kegiatan sosialisasi ini. Dan juga tidak lupa melakukan dokumentasi bersama Bapak Ramli dan Bapak/Ibu Guru SD Inpres Sulobaja sebagai bukti fisik saya, bahwa saya telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Fitur Rumah Belajar di SD Inpres Sulobaja.

Dokumentasi Kegiatan



Lampiran Daftar Hadir (di sini)

Posting Komentar untuk "Pengimbasan Ke-2 : Penerimaan Sosialisasi Fitur Rumah Belajar di SD Inpres Sulobaja via Luar Jaringan (Luring)"