Pembelajaran Berbasis Menyelesaikan Aneka Masalah IPA Berorientasi Seputar Laboratorium Maya (MAMOSE LAMA) di UPTD SMP Negeri 4 Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat

 Rabu, 10 November 2021

 

Setelah beberapa hari sosialisasi Fitur Rumah Belajar baik secara daring maupun secara luring, kini tiba waktunya praktik baik (Best Practice) dengan memanfaatkan fitur yang ada di portal Rumah Belajar.

Saya melakukan praktik baik ini di instansi sekolah saya sendiri yakni UPTD SMP Negeri 4 Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah dengan mengangkat sub-tema “Menyelesaiakan Aneka Masalah IPA Berorientasi Seputar Laboratorium Maya (MAMOSE LAMA).

Tradisi Mamose sendiri berupa ritual menebas tubuh menggunakan parang. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat adat Budong-Budong di kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Ritual serupa debus ini dilakukan tiga kali dalam setahun. Dalam tradisi ini, para tokoh adat atau pamose unjuk kebolehan dan keberanian mereka dengan cara menebas tubuh  dengan parang panjang sembari menyorakkan kalimat-kalimat yang memompa semangat persatuan, keberanian, dan kebersamaan masyarakat adat di hadapan raja atau ketua adat.

Saya mengangkat kearifan lokal ini karena saya berasal dari kabupaten Mamuju Tengah. Tentu saya berkewajiban untuk memperkenalkan adanya adat budaya Mamose ini kepada masyarakat luas. Supaya lebih dikenal oleh orang banyak.

Karena di lokasi sekolah UPTD SMP Negeri 4 Tobadak akses internet belum memadai, dalam pembelajaran di kelas sendiri menggunakan fitur Rumah Belajar yakni Laboratorium Maya berbasis offline dengan bantuan HTML Reader yang bisa diunduh di Play Store dan file Hukum Ohm yang sudah saya download di portal Rumah Belajar. Sehari sebelum praktik baik dimulai, saya sudah membagikan kedua file tersebut. Sehingga siap digunakan keeseokan harinya.

Keeseokan harinya, para siswa sangat antusias menggunakan Laboratorium Maya dalam pembelajaran dengan materi Hukum Ohm. Mereka bisa mengeksplor pengetahuan mereka dengan aplikasi Laboratorium Maya ini.

Saya memadukan fitur Laboratorium Maya dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sehingga keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat terlihat.


Setelah menyelesaikan pertanyaan yang terdapat di LKPD, peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok

mereka. Setiap kelompok bergiliran mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka, mulai dari kelompok satu, dua, tiga dan empat.

Diakhir pembelajaran, saya memberi tahu tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Saya menutup pembelajaran hari ini dengan ucapan salam. Dan tak lupa pula melakukan sesi dokumentasi bersama siswa sebagai bukti fisik bahwa saya selaku Sahabat Rumah Belajar telah melaksanakan tugas PembaTIK Level 4 berupa Praktik Baik (Best Practice) untuk kemudian dibuat dalam vlog dan blog.

Video Blog (Vlog) Praktik Baik dapat dilihat (di sini)

Dokumentasi Praktik Baik



Posting Komentar untuk "Pembelajaran Berbasis Menyelesaikan Aneka Masalah IPA Berorientasi Seputar Laboratorium Maya (MAMOSE LAMA) di UPTD SMP Negeri 4 Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat"