Pengimbasan Ke-3 : Antusisasme Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru SD Inpres Saloadak terhadap Kegiatan Sosialisasi Fitur Rumah Belajar via Luar Jaringan (Luring)

Selasa, 9 November 2021

 

Sehari sebelumnya, yakni Senin 8 November 2021, surat untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi Fitur Rumah Belajar saya antarkan ke SD Inpres Saloadak. Saat itu, saya diterima langsung oleh Bapak Lewi, S.Pd., selaku Kepala Sekolah. Beliau meminta untuk melaksanakan kegiatan ini keesokan harinya agar ada waktu untuk bisa menginformasikan kepada Bapak dan Ibu Guru SD Inpres Saloadak.

Keesokan harinya, Selasa 9 November 2021 saya pun mengahadap kembali ke Bapak Kepala Sekolah untuk melakukan sosialisasi. Ada tampilan yang berbeda di ruangan guru dibanding hari sebelumnya. Terlihat banyak Bapak dan Ibu Guru yang telah hadir. Karena di ruangan guru tidak memadai untuk melakukan presentasi materi, sehingga dipilih ruang kelas untuk dilaksanakannya presentasi. Tapi sebelum bersama-sama ke ruang kelas untuk melaksanakan sosialisasi, saya meminta waktu 5 menit untuk mengatur atribut sosialisasi, seperti memasang banner dan menyetting proyektor. Sebelum sampai 5 menit, semua sudah beres, dan saya pun ke kantor untuk memberitahukan kepada Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru bahwa semua sudah siap untuk dilaksanakan kegiatan sosialisasi fitur Rumah Belajar.

Kegiatan sosialisasi fitur Rumah Belajar di buka langsung oleh Bapak Lewi selaku Kepala Sekolah. Beliau mengungkapkan rasa senangnya terhadap kegiatan ini. Setelah beliau membuka kegiatan dengan resmi, Beliau menyerahkan kepada saya untuk memulai memaparkan materi. Saya pun mulai memaparkan materi, sementara Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru menyimak dengan seksama terhadap setiap materi yang saya paparkan.

Setelah selesai memaparkan materi, saya memberikan kesempatan kepada Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru untuk bertanya perihal materi yang saya paparkan tadi sekiranya ada yang tidak dipahami selama saya memaparkan materi. Pertanyaan pertama muncul dari Bapak Darius. Beliau bertanya perihal aplikasi untuk mendownload video di fitur Sumber Belajar. Saya menjelaskan bahwa untuk mendownload video di fitur Sumber Belajar, Bapak bisa menggunakan aplikasi Internet Download Manager (IDM). Kemudian Ibu Sumarni bertanya, apakah bisa digunakan IDM ini untuk mendownload video di aplikasi Sumber Belajar melalui handphone. Saya menjawabnya bahwa Internet Download Manager (IDM) yang saya makasud adalah IDM yang bisa diinstal di laptop/PC. Jadi, jika ingin mendownload video di Sumber Belajar, silahkan Ibu mendownload aplikasi IDM untuk PC kemudian install. Setelah terinstal, silahkan menggunakan aplikasi IDM yang sudah Ibu install tadi untuk mendownload video di Sumber Belajar.

Setelah menjawab pertanyaan Ibu Sumarni, saya membuka kembali pertanyaan sekiranya Bapak/Ibu masih ada yang ingin ditanyakan perihal portal Rumah Belajar. Saat itu sudah tidak ada yang bertanya. Bapak Kepala Sekolah hanya meminta saya untuk bersedia jika sewaktu-waktu saya dibutuhkan dalam menerapkan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar untuk diterapkan di sekolahnya. Saya pun menjawab, Saya bersedia. Silahkan Bapak kabari say ajika butuh bantuan.

Di akhir kegiatan, Bapak Lewi menutup kegiatan sosialisasi hari ini dan saya mengajak Bapak Kepala Sekolah serta Bapak/Ibu Guru untuk memanfaatkan fitur Rumah Belajar dalam pembelajarannya di kelas. Sebelum  beranjak dari ruangan, saya meminta kepada kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru untuk melakukan foto bersama, sebagai pertanggungjawaban saya nantinya, bahwa saya telah melakukan Sosialisasi Fitur Rumah Belajar di SD Inpres Saloadak.

Dokumentasi Kegiatan



Lampiran Daftar Hadir (di sini)

Posting Komentar untuk "Pengimbasan Ke-3 : Antusisasme Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru SD Inpres Saloadak terhadap Kegiatan Sosialisasi Fitur Rumah Belajar via Luar Jaringan (Luring)"